Random Posts

header ads

AFF U-19: Vietnam Tundukkan Laos 1-0

Gresik - Tim nasional sepak bola Vietnam dibawah usia 19 tahun lolos ke babak final Piala AFF U-19, setelah dalam pertandingan semifinal di Stadion Petrokimia, Gresik, Jawa Timur, Jumat sore, menundukkan Laos dengan skor tipis 1-0.

Gol tunggal tim muda Vietnam dicetak melalui tendangan Nguyen Cong Phuong pada menit 74, usai melakukan kerja sama apik dan menerobos pertahanan Laos.

Dalam pertandingan itu, Vietnam yang menggunakan kostum merah-merah tidak mampu bermain maksimal sepanjang babak pertama.

Sementara Laos yang menggunakan kostum biru-biru, mampu menguasai pertandingan dengan umpan pendek yang akurat antar-lini.

Meski demikian, kedua tim sama-sama memiliki peluang bagus di babak pertama, namun belum bisa membuahkan gol hingga babak pertama usai, dan skor imbang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Laos mulai mengubah pola permainan dengan memasukkan Sisawad Dalavong dan menarik keluar Jo E Sandara.

Perubahan pola ini berhasil menciptakan beberapa peluang yang hampir berbuah gol, seperti pada menit 47 dan 63. Namun, peluang itu gagal diakhiri dengan manis, sehingga sama sekali tidak merubah skor.

Sementara, Vietnam yang terus mendapat tekanan dari Laos berhasil mencuri kesempatan di menit 74. Setelah membangun serangan dari sektor tengah, pemain bernomor punggung 10, Nguyen Cong Phuong berhasil membobol gawang Laos dan mengubah skor menjadi 1-0.

Usai unggul satu gol, pemain Vietnam mulai percaya diri dan membalik gempuran ke gawang Laos, serta sempat kembali menambah pundi gol pada menit ke 90, namun tendangan nomer 14 itu dianulir wasit karena terjebak "off side".

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, keunggulan tipis untuk Vietnam tetap bertahan, dan membuat Vietnam melangkah ke babak puncak bertemu pemenang Indonesia lawan Timor Leste yang baru bertanding di Stadion Delta Sidoarjo, malam hari ini. (Ant/bm 10)