Random Posts

header ads

BNPT: TNI Siap Bantu Polri Berantas Terorisme

Ambon - Deputi I Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengatakan, Tentara Nasional Indonesia selalu siap memberikan tugas perbantuan kepada Polri untuk memberantas kejahatan terorisme bila ada permintaan.

"Kita tahu terorisme itu termasuk tindak pidana yang ditangani oleh aparat kepolisian sesuai amanat undang-undang, tapi untuk mencegahnya kita melibatkan semua komponen masyarakat termasuk TNI," katanya di Ambon, Jumat.

Ia mengakui ada UU yang memberikan ruang bagi TNI terlibat langsung.

"Tetapi tetap harus atas permintaan kepolisian, dan TNI tetap siap," katanya.

Menurut Agus Surya, dalam UU tentang TNI ada operasi militer khusus yang disebut OMSP untuk mengatasi aksi terorisme, tetapi penjabaran dari UU itu sendiri belum lengkap.

"Tapi yang jelas TNI sangat siap apabila diminta bantuannya oleh kepolisian untuk memberantas aksi terorisme di Indonesia," tandasnya.

Ia juga mengatakan kepolisian RI mampu melaksanakan tugas negara yang diemban saat ini untuk memberantas terorisme.

Ia merujuk sejumlah upaya penangkapan para terduga teroris di berbagai daerah yang dilakukan Densus 88 Polri..

"Tapi TNI tetap siap apabila dibutuhkan serta didukung keputusan politik, TNI siap dan kita selalu bekerjasama dengan polisi sehingga sewaktu-waktu diminta tampil maka kita sudah siap," kata Agus Surya Bakti.

Deputi I BNPT tersebut melakukan kunjungan kerja dua hari di Kota Ambon bersama Kepala BNPT, Irjen Polisi (Purn) Ansya'ad Mbai dalam rangka melakukan kerjasam dengan berbagai media cetak dan elektronik guna membangun sinergitas penanggulangan masalah tindak pidana terorisme di Maluku. (ant/bm 10)